S I L A B U S
Satuan Pendidikan : SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin
Mata Pelajaran : M a t e m a t i ka
Kelas /Semester : VI /1
Tahun Pelajaran : 2010 – 2011
Standar Kompetensi : 1. Melakukan 0perasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok /Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Waktu | Sumber Belajar |
1.1. Melakukan operasi hitung bilangan termasuk operasi campuran FPB dan KPK 1.2. Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan 1.3. Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat | Operasi hitung bilangan bulat | - Dengan informasi siswa dapat memahami operas hitung campuran - Dengan ceramah dan tanya jawab siswa dapat menentukan faktorisasi prima untuk menentukan FPB dan KPK - Dengan informasi dan penugasan siswa dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan FPB dan KPK - Dengan diskusi dan tanya j jawab siswa dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan operasi hitung akar dan pangkat tiga | -Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat - Menggunakan faktorisasi prima untuk menentukan FPB dan KPK - Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB dan KPK - Memahami pangkat tiga dan akar pangkat iga - Menyeleaikan masalah yang melibatkan opeasi hitung akar dan pangkat tiga | Jenis : - Kuis - Tugas individu - Tugas kelompok Ulangan bentuk instrumen : - Tes tertulis - tes tertulis uraian | 20 x 35” | Sumber - Buku paket - Buku referen si -L K S |
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran volume per waktu dlm pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok /Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Waktu | Sumber Belajar |
2.1. Mengenal satuan Debit 2.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit | Pengukuran dan Geometri | - Dengan informasi siswa dapat menjelaskan dan memahami tentang debit dan pemecahan masalah berkaitan dengan debit air | - Mengingat kembali satuan panjang, waktu dan berat - Mengingat kembali satuan volume, luas dan kecepatan - Mengenal dan memahami satuan debit - Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan debit dalam pemecahan masalah | Jenis : - Kuis - Tugas individu - Tugas kelompok Ulangan bentuk instrumen : - Tes tertulis - tes tertulis uraian | 20 x 35” | Sumber - Buku paket - Buku referen si -L K S |
Kompetensi Dasar : 3. Menghitung luas segi banyak sedrhana, luas lingkaran, dan volume
prisma segitiga
Kompetensi Dasar | Materi Pokok /Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Waktu | Sumber Belajar |
3.1. Menghitung luas segi banyak yg merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana 3.2. Menghitung luas lingkaran 3.3. Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran | Pengukuran dan Geometri | - Dengan informasi siswa dapat memahami dan menggunakan rumus luas segi banyak - Dengan informasi siswa dapat memahami dan menggunakan segitiga , persegi, persegi panjang, trapezium, layang-layang, jajar genjang, belah ketupat - Dengan ceramah siswa dapat menyelesaikan masalah berkaitan luas lingkaran - Dengan diskusi dan tanya jawab siswa dapat memahami dan menyelesaikan masalah berkaitan dengan volume prisma segitigadan tabung lingkaran | - Menghitung luas segibanyak yang merupakan gabungan dua bangun datar yang sederhana - menghitung keliling dan luas lingkaran - Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran - Menggunakan volume limas dan kerucut - Menyelesaikan masalah yang melibatkan luas dan volume segibanyak sederhana - Menentukan luas lingkaran - menghitung dan menerapkan rumus volume prisma segitiga dan tabung | Jenis : - Kuis - Tugas individu - Tugas kelompok Ulangan bentuk instrumen : - Tes tertulis - tes tertulis uraian | 20 x 35” | Sumber - Buku paket - Buku referen si -L K S |
Standar Kompetensi : 4. Mengumpulkan dan mengolah data
Kompetensi Dasar | Materi Pokok /Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Waktu | Sumber Belajar |
4.1. Mengumpulkan dan membaca data 4.2. Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel 4.3. Menafsirkan sajian data | Pengolahan Data | - Dengan informasi siswa dapat mengumpulkan dan membaca data - Dengan ceramah siswa dapat memahami, mengolah, dan menyajikan data dalam bentuk table - Dengan diskusi dan tanya jawab siswa memahami dan menafsirkan sajian data | - Mengumpulkan dan membaca data - Mengolah dan menyajikan data dalam table serta menafsirkan nya - Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pengolahan data | Jenis : - Kuis - Tugas individu - Tugas kelompok Ulangan bentuk instrumen : - Tes tertulis - tes tertulis uraian | 20 x 35” | Sumber - Buku paket - Buku referen si -L K S |
Banjarmasin, 11 Juli 2011,
Mengetahui
Kepala SD Muhammadiyah 8 Guru Mata Pelajaran,
Muhammad Ilmi, S. Pd Fauzul Kabir
NIP. 19681708 200604 1 031
Tidak ada komentar:
Posting Komentar