Minggu, 23 Oktober 2011

Silabus IPA SD Kelas 2 Sem 1

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1    Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan


a    Bagian–Bagian  tubuh hewan dan tumbuhan.

1. bagian-bagian utama tubuh hewan.
(hlm. 4)

2. bagian-bagian utama tumbuhan
(hlm. 10)


o  Mampu membuat daftar bagian utama tubuh hewan.

o  Mampu menggambar secara sederhana bagian tubuh ikan.

o  Menyebutkan mengenai bagian tubuh yang tampak di buku yang belum ditulis pada gambar.

o  Mampu menirukan suara :
-   sapi
-   kambing
-   kucing
-   burung
-   harimau
-   . . . . . . . . .

o  Mampu menceritakan cara hewan bergerak, seperti :
-   Ikan ® sirip
-   Kucing ® kaki
-   Ular ® perut
-   Burung ® sayap (terbang)
-   Burung ® kaki (berjalan)
-   . . . . . . . . .


o  Mampu membuat daftar bagian utama tubuh utama tumbuhan.

o  Mampu menggambar secara sederhana bagian tubuh tumbuhan.

o  . . . . . . . . . . . .






o  Membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, ikan) dan kegunaannya dari hasil pengamatan.

o  Menggambar secara sederhana dan menamai bagian-bagian utama tubuh hewan.

o  Menirukan berbagai suara hewan yang ada di lingkungan sekitarnya.

o  Menceritakan cara hewan bergerak berdasarkan pengamatan misalnya: menggunakan kaki, perut, sayap (terbang) dan sirip.

o  Membuat daftar bagian utama tumbuhan (akar, batang, daun, bunga, buah/biji) berdasarkan hasil pengamatan.

o  Menggambar bagian utama tubuh tumbuhan secara sederhana

o  . . . . . . . . . . . .


Tugas Individu
dan Kelompok



Ulangan Harian
KD 1.1







Uraian Objektif
dan
unjuk kerja







Kegiatan 1.1
hlm. 6

Kegiatan 1.2
hlm. 7

Tugas 1.1
hlm. 8

Tugas 1.2
hlm. 10

Kegiatan 1.3
hlm. 10

Tugas 1.3
hlm. 13




Sumber:
Buku
SAINS SD Haryanto
Erlangga Kelas II

Alat:
-  Ikan
-  Kertas gambar
-  Pisil warna
-  Gambar ular cobra
-  Tumbuhan kecil seperti cabai, tomat, bayam.
-  Biji tumbuhan
-  Gelas plastik bekas.



1.2    Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)


b   Pertumbuhan hewan Hewan dan Tumbuhan

1. Pertumbuhan hewan
(hlm. 15)

2. Pertumbuhan tumbuhan
(hlm. 17)


o  Mampu menceritakan perubahan (bentuk tubuh dan suara) yang dialami:
-   ayam
-   kucing.

o  Mampu menggambar pertumbuhan hewan.

o  Mampu menceritakan perubahan yang tumbuhan mulai dari biji sampai menjadi pohon yang rindang.



o  Mampu menanam biji kacang ijo pada wadah kapas yang diberi air, lalu mengamati pertumbuhannya.

o  dan mengamati pertumbuhan menyebutkan nama makanan yang mereka

o  . . . . . . . . . . . .


o  Menceritakan perubahan-perubahan yang dialami hewan dalam ukuran pada saat tumbuh berdasarkan hasil pengamatan.

o  Membuat gambar pertumbuhan hewan misalnya anak ayam menjadi ayam dewasa.

o  Menanam biji dan mengamati pertumbuhannya.

o  Menceritakan perubahan yang terjadi pada biji yang ditanam.

o  . . . . . . . . . . . .


Tugas Individu dan Kelompok



Ulangan Harian
KD 1.2



Uraian Objektif
dan
unjuk kerja














Sumber:
Buku
SAINS SD
Haryanto
Erlangga Kelas II

Alat : -


1.3    Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya)


c    Tempat hidup makhluk hidup

1. tempat hidup hewan
(hlm. 19)

2. Tempat hidup tumbuhan
(hlm. 21)





o  Mampu menunjukkan tempat hidup :
-   ikan
-   angsa
-   bebek
-   katak
-   Kelinci
-   cacing
-   udang
-   kepiting

o  Mampu memberikan contoh hewan yang hidup di darat dan di air.

o  Mampu memberikan contoh tumbuhan yang hidup di darat dan di air.

o  Mampu memberi contoh tumbuhan yang hidup di tumbuhan lain melalui pengamatan.

o  . . . . . . . . . . . .


o  Menunjukkan tempat hidup makhluk hidup tertentu.

o  Memberi contoh hewan yang hidup di darat dan di air.

o  Memberi contoh tumbuhan yang hidup di darat dan di air.

o  Memberi contoh tumbuhan yang hidup di tumbuhan lain melalui pengamatan.

o  . . . . . . . . . . . .

Tugas Individu dan Kelompok

Ulangan Harian
KD 1.3







Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif




Tugas 1.4
hlm. 21









Sumber:
Buku
SAINS SD
Haryanto
Erlangga Kelas II


Alat:
-  Kertas tugas
-  Alat tulis


1.4    Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan


d   Kegunaan Hewan dan tumbuhan bagi manusia

1. Kegunaan hewan bagi manusia
(hlm. 23)

2. Kegunaan hewan bagi manusia
(hlm. 25)

o  Mampu memberi contoh berbagai hewan yang menguntungkan seperti :
-   sapi,
-   ayam
-   ikan
-   anjing
-   kuda
-   . . . . . .

o  Mampu memberi contoh berbagai hewan yang merugikan seperti :
-   Lalat
-   Nyamuk
-   . . . . . . .


o  Mampu memberi contoh berbagai tumbuhan yang menguntungkan manusia seperti :
-   Padi
-   Sayuran
-   Buah
-   Daun kumis kucing
-   Jahe
-   Kunyit
-   Kencur
-   Asam
-   Jeruk nipis
-   . . . . . . .
-   . . . . . . .

o  Mampu menunjukkan tumbuhan yang dijadikan obat dan minuman kesehatan

o  . . . . . . . . . . . .


o  Memberi contoh berbagai hewan yang menguntungkan dan merugikan manusia.

o  Memberi contoh berbagai tumbuhan di sekitar yang berguna bagi manusia.

o  . . . . . . . . . . . .



Tugas Individu dan Kelompok

Ulangan Harian
KD 1.4


Laporan


Tugas 1.5
hlm. 27



Sumber:
Buku
SAINS SD
Haryanto
Erlangga Kelas II


Alat:
-  Kertas gambar
-  Pinsil warna
-  Jahe
-  Kunyit
-  Kencur



Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1    Mengidentifikasi ciri–ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar


a    Benda padat dan benda cair
(hlm. 38)

o  Mampu menujukkan jenis benda padat.
-   buku
-   bola
-   gelas
-   pensil
-   kapur
-   batu
-   botol
-   papan tulis
-   penggaris
-   . . . . .
-   . . . . .
-   . . . . .

o  Mampu menujukkan jenis benda cair
-   air bening
-   air teh
-   susu
-   kecap
-   oli
-   sirop
-   minyak
-   . . . . .
-   . . . . .
-   . . . . .

o  Mampu membedakan ciri benda padat dan benda cair setelah melakukan kegiatan 2.2

o  . . . . . . . . . . . .




o  Menunjukkan beragam jenis benda padat dan benda cair yang ada di sekitar.

o  Membedakan ciri benda padat dan benda cair.

o  . . . . . . . . . . . .


Tugas Individu dan Kelompok


Ulangan Harian
KD 2.1

Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif




Kegiatan 2.1
hlm. 39

Kegiatan 2.2
hlm. 40





Sumber:
Buku
SAINS SD
Haryanto
Erlangga Kelas II

Alat::
-  Benda padat
-  Benda cair


2.2  Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu


b   Perubahan benda.
(hlm. 41)

o  Mampu mengidentifikasikan benda yang dapat berubah:
-   plastisin ®
-   tanah liat ®

o  Mampu mencari contoh benda padat yang dapat berubah wujud menjadi benda cair dan sebaliknya yaitu benda cair menjadi padat.
-   Es batu ®
-   Es krim ®
-   Air ®
-   . . . . . .

o  . . . . . . . . . . . .

o  Mengidentifikasi benda-benda di sekitar yang dapat berubah bentuk seperti plastisin/ tanah liat ketika dibentuk.

o  Mencari contoh benda padat yang dapat berubah wujud menjadi benda cair dan sebaliknya yaitu benda cair menjadi padat.

o  . . . . . . . . . . . .


Tugas Individu dan Kelompok


Ulangan Harian
KD 2.2

Laporan

Uraian Objektif


Kegiatan 2.3
hlm. 41





Sumber:
Buku SAINS SD Haryanto
Erlangga Kelas II


Alat :
-  Plastisin
-  Selembar kertas
-  Batu es

2.3  Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan


c    Kegunaan Benda.
(hlm. 43)

o  Mampu mengidentifikasi benda yang ada disekitarnya

o  Mampu menceritakan kegunaan benda di sekitar :

Di meja guru :
-   Buku ®
-   Bolpoint ®
-   Kapur tulis ®
-   Gelas ®
-   Taplak meja ®


Di dapur :
-   Kompor ®
-   Panci ®
-   Pisau ®
-   Talenan ®
-   Piring ®
-   Stoples ®
-   Bolol ®
-   . . . . . . . . .

Di kamar mandi
-   Sampo ®
-   Karbol ®
-   Sikat gigi ®
-   Sabun ®
-   . . . . . . . . .

o  Mampu melakukan kegiatan 2.4

o  . . . . . . . . . . . .



o  Mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar.

o  Menceritakan kegunaan benda-benda di sekitar.

o  . . . . . . . . . . . .


Tugas Individu dan Kelompok


Ulangan Harian
KD 2.3

Laporan

Uraian Objektif



Kegiatan 2.4
hlm. 45

Tugas 2.1
hlm. 46


Sumber:
Buku
SAINS SD
Haryanto
Erlangga Kelas II









Alat :
-  sapu
-  ember
-  kemoceng
-  kain pel
-  cairan pembersih lantai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar