Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat | ||||||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||||
1.1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan | a Bagian–Bagian tubuh hewan dan tumbuhan. 1. bagian-bagian utama tubuh hewan. (hlm. 4) 2. bagian-bagian utama tumbuhan (hlm. 10) | o Mampu membuat daftar bagian utama tubuh hewan. o Mampu menggambar secara sederhana bagian tubuh ikan. o Menyebutkan mengenai bagian tubuh yang tampak di buku yang belum ditulis pada gambar. o Mampu menirukan suara :
o Mampu menceritakan cara hewan bergerak, seperti : - Ikan ® sirip - Kucing ® kaki - Ular ® perut - Burung ® sayap (terbang) - Burung ® kaki (berjalan) - . . . . . . . . . o Mampu membuat daftar bagian utama tubuh utama tumbuhan. o Mampu menggambar secara sederhana bagian tubuh tumbuhan. o . . . . . . . . . . . . | o Membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, ikan) dan kegunaannya dari hasil pengamatan. o Menggambar secara sederhana dan menamai bagian-bagian utama tubuh hewan. o Menirukan berbagai suara hewan yang ada di lingkungan sekitarnya. o Menceritakan cara hewan bergerak berdasarkan pengamatan misalnya: menggunakan kaki, perut, sayap (terbang) dan sirip. o Membuat daftar bagian utama tumbuhan (akar, batang, daun, bunga, buah/biji) berdasarkan hasil pengamatan. o Menggambar bagian utama tubuh tumbuhan secara sederhana o . . . . . . . . . . . . | Tugas Individu dan Kelompok Ulangan Harian KD 1.1 | Uraian Objektif dan unjuk kerja | Kegiatan 1.1 hlm. 6 Kegiatan 1.2 hlm. 7 Tugas 1.1 hlm. 8 Tugas 1.2 hlm. 10 Kegiatan 1.3 hlm. 10 Tugas 1.3 hlm. 13 | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas II Alat: - Ikan - Kertas gambar - Pisil warna - Gambar ular cobra - Tumbuhan kecil seperti cabai, tomat, bayam. - Biji tumbuhan - Gelas plastik bekas. | |||||||
1.2 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman) | b Pertumbuhan hewan Hewan dan Tumbuhan 1. Pertumbuhan hewan (hlm. 15) 2. Pertumbuhan tumbuhan (hlm. 17) | o Mampu menceritakan perubahan (bentuk tubuh dan suara) yang dialami: - ayam - kucing. o Mampu menggambar pertumbuhan hewan. o Mampu menceritakan perubahan yang tumbuhan mulai dari biji sampai menjadi pohon yang rindang. o Mampu menanam biji kacang ijo pada wadah kapas yang diberi air, lalu mengamati pertumbuhannya. o dan mengamati pertumbuhan menyebutkan nama makanan yang mereka o . . . . . . . . . . . . | o Menceritakan perubahan-perubahan yang dialami hewan dalam ukuran pada saat tumbuh berdasarkan hasil pengamatan. o Membuat gambar pertumbuhan hewan misalnya anak ayam menjadi ayam dewasa. o Menanam biji dan mengamati pertumbuhannya. o Menceritakan perubahan yang terjadi pada biji yang ditanam. o . . . . . . . . . . . . | Tugas Individu dan Kelompok Ulangan Harian KD 1.2 | Uraian Objektif dan unjuk kerja | – | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas II Alat : - | |||||||
1.3 Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya) | c Tempat hidup makhluk hidup 1. tempat hidup hewan (hlm. 19) 2. Tempat hidup tumbuhan (hlm. 21) | o Mampu menunjukkan tempat hidup :
o Mampu memberikan contoh hewan yang hidup di darat dan di air. o Mampu memberikan contoh tumbuhan yang hidup di darat dan di air. o Mampu memberi contoh tumbuhan yang hidup di tumbuhan lain melalui pengamatan. o . . . . . . . . . . . . | o Menunjukkan tempat hidup makhluk hidup tertentu. o Memberi contoh hewan yang hidup di darat dan di air. o Memberi contoh tumbuhan yang hidup di darat dan di air. o Memberi contoh tumbuhan yang hidup di tumbuhan lain melalui pengamatan. o . . . . . . . . . . . . | Tugas Individu dan Kelompok Ulangan Harian KD 1.3 | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | Tugas 1.4 hlm. 21 | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas II Alat: - Kertas tugas - Alat tulis | |||||||
1.4 Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan | d Kegunaan Hewan dan tumbuhan bagi manusia 1. Kegunaan hewan bagi manusia (hlm. 23) 2. Kegunaan hewan bagi manusia (hlm. 25) | o Mampu memberi contoh berbagai hewan yang menguntungkan seperti :
o Mampu memberi contoh berbagai hewan yang merugikan seperti :
o Mampu memberi contoh berbagai tumbuhan yang menguntungkan manusia seperti :
o Mampu menunjukkan tumbuhan yang dijadikan obat dan minuman kesehatan o . . . . . . . . . . . . | o Memberi contoh berbagai hewan yang menguntungkan dan merugikan manusia. o Memberi contoh berbagai tumbuhan di sekitar yang berguna bagi manusia. o . . . . . . . . . . . . | Tugas Individu dan Kelompok Ulangan Harian KD 1.4 | Laporan | Tugas 1.5 hlm. 27 | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas II Alat: - Kertas gambar - Pinsil warna - Jahe - Kunyit - Kencur |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat | ||||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||
2.1 Mengidentifikasi ciri–ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar | a Benda padat dan benda cair (hlm. 38) | o Mampu menujukkan jenis benda padat.
o Mampu menujukkan jenis benda cair
o Mampu membedakan ciri benda padat dan benda cair setelah melakukan kegiatan 2.2 o . . . . . . . . . . . . | o Menunjukkan beragam jenis benda padat dan benda cair yang ada di sekitar. o Membedakan ciri benda padat dan benda cair. o . . . . . . . . . . . . | Tugas Individu dan Kelompok Ulangan Harian KD 2.1 | Laporan dan unjuk kerja Uraian Objektif | Kegiatan 2.1 hlm. 39 Kegiatan 2.2 hlm. 40 | | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas II Alat:: - Benda padat - Benda cair | ||||
2.2 Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu | b Perubahan benda. (hlm. 41) | o Mampu mengidentifikasikan benda yang dapat berubah: - plastisin ® - tanah liat ® o Mampu mencari contoh benda padat yang dapat berubah wujud menjadi benda cair dan sebaliknya yaitu benda cair menjadi padat. - Es batu ® - Es krim ® - Air ® - . . . . . . o . . . . . . . . . . . . | o Mengidentifikasi benda-benda di sekitar yang dapat berubah bentuk seperti plastisin/ tanah liat ketika dibentuk. o Mencari contoh benda padat yang dapat berubah wujud menjadi benda cair dan sebaliknya yaitu benda cair menjadi padat. o . . . . . . . . . . . . | Tugas Individu dan Kelompok Ulangan Harian KD 2.2 | Laporan Uraian Objektif | Kegiatan 2.3 hlm. 41 | | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas II Alat : - Plastisin - Selembar kertas - Batu es | ||||
2.3 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan | c Kegunaan Benda. (hlm. 43) | o Mampu mengidentifikasi benda yang ada disekitarnya o Mampu menceritakan kegunaan benda di sekitar : Di meja guru : - Buku ® - Bolpoint ® - Kapur tulis ® - Gelas ® - Taplak meja ® Di dapur : - Kompor ® - Panci ® - Pisau ® - Talenan ® - Piring ® - Stoples ® - Bolol ® - . . . . . . . . . Di kamar mandi - Sampo ® - Karbol ® - Sikat gigi ® - Sabun ® - . . . . . . . . . o Mampu melakukan kegiatan 2.4 o . . . . . . . . . . . . | o Mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar. o Menceritakan kegunaan benda-benda di sekitar. o . . . . . . . . . . . . | Tugas Individu dan Kelompok Ulangan Harian KD 2.3 | Laporan Uraian Objektif | Kegiatan 2.4 hlm. 45 Tugas 2.1 hlm. 46 | | Sumber: Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas II Alat : - sapu - ember - kemoceng - kain pel - cairan pembersih lantai |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar