RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 1
Satuan Pendidikan : SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin
Mata Pelajaran : M a t e m a t i ka
Kelas /Semester : VI /1
Tahun Pelajaran : 2011 – 2012
Standar Kompetensi : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : - Melakukan operasi hitung bilangan termasuk operasi campuran FPB dan
KPK
- Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan
- Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk
penggunaan akar dan pangkat
Indikator : - Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat
- Menggunakan faktorisasi prima untuk menentukan FPB dan KPK
- Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB dan KPK
- Memahami pangkat tiga dan akar pangkat iga
- Menyeleaikan masalah yang melibatkan opeasi hitung akar dan
pangkat tiga
Alokasi Waktu : 30 jam ( 15 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat melakukan operasi hitung bilangan termasuk operasi campuran FPB dan KPK
- Siswa dapat menentukan akar pangkat tigasuatu bilangan
- Siswa dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitun penggunakaan akar dan pangkat
B. Materi Pembelajaran
Operasi hitung bilangan bulat
Pertemuan ke-1 s.d. 4
- Sifat-sifat operasi hitung
- Operasi hitung campuran
Pertemuan ke-5 s.d. 10
- Faktor suatu bilangan
- Faktorprima dan faktorisasi prima
- Faktor persekutuan terbesar
- Kelipatan persekutuan terkecil
Pertemuan ke-11 s.d. 15
- Menentukan hasil pangkat tiga
- Akar pangkat
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, inkuiri, dan penugasan
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan ke-1 s.d. 3
Pendahuluan
Apersepsi :
Siswa dingatkan tentang pentingnya mempelajari bilangan
Motivasi :
Memotivasi siswa pentingnya memahami sifat-sifat operasi hitung bilanga dan operasi hitung
campuran
Kegiatan Inti
- Dengan informasi siswa dapat menjelaskan dan memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat
- Dengan penugasan siswa dapat melakukan operasi hitung bilangan bulat dan operasi hitung campuran
Penutup
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah
Pertemuan ke-4 s.d. 6
Pendahuluan
Apersepsi :
Siswa diingatkan tentang operasi hitung campuran
Motivasi :
Memotivasi siswa pentingnya mempelajari tentang FPB dan KPK
Kegiatan Inti
- Dengan informasi siswa dapat memahami dan menjelaskan factor suatu bilangan, factor prima dan faktorisasi prima
- Dengan ceramah dan diskusi siswa dapat memahami dan menentukan FPB dan KPK suatu bilangan
- Dengan diskusi siswa dapat memahami dan menyelesaikan masalah berkaitan dengan FPB dan KPK
Penutup
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
Pertemuan ke-7 s.d. 10
Pendahuluan
Apersepsi :
Siswa dingatkan tentang operasi hitung bilangan dan operasi hitung campuran
Motivasi :
Memotivasi siswa pentingnya memahami sifat-sifat operasi hitung bilanga dan operasi hitung
Campuran
Kegiatan Inti
- Dengan informasi siswa dapat menentukan hasil pangkat tiga dari suatu bilangan yang dipangkatkan tiga
- Dengan ceramah dan diskusi siswa dapat menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan
Penutup
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
E. Alat dan bahan
1. Alat : kalkulator
2. Sumber belajar
- Buku paket
- Buku lain yang relevan
- LKS
F. Penilai Hasil Belajar
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrument : tes tertulisdan lisan
3. Instrumen/soal
1. 2.588 - (45 x 15) = ….
2. Pak Ilmi membeli 10.000 batu bata dan 45 sak semen untuk membangun rumahnya.
Harga 1.000 batu bata Rp310.000,00 dan 1 sak semen Rp34.000,00. Jika kamu menjadi
pak Ilmi, berapa harga batu bata dan semen yang harus dibayar seluruhnya ?
3. Carilah FPB dari :
a. 108 dan 90
b. 64 dan 80
4. Carilah KPK dari :
a. 12 dan 15
b. 24 dan 25
5. Tentukan bilangan kubk yang nilainya lebih dari 15.000 dan kurang dari 17.576!
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 - 100 adalah sebagai berikut :
Nilai akhir = perolehan skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Banjarmasin, 1 Juli 2011,
Mengetahui
Kepala SD Muhammadiyah 8 Guru Mata Pelajaran,
Muhammad Ilmi, S. Pd Fauzul Kabir
NIP. 19681708 200604 1 031
Tidak ada komentar:
Posting Komentar